program pelatihan dask

Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui E-learning Berbasis Website dan Webinar dengan Akademi Gizi Surabaya

Pengantar

Akademi Gizi Surabaya sebagai sebuah institusi pendidikan perlu merespon berbagai tantangan revolusi industri 4.0 dengan melakukan inovasi. Salah satu inovasi sebagai lembaga yang menyelenggarakan pendidikan di sektor kesehatan adalah dengan mengenal dan memanfaatkan teknologi informasi dalam menunjang aktifitas lembaga. 

Dalam era digital ini, berbagai pengetahuan terbaru banyak tersedia melalui media website dan dunia maya. Penempatan pengetahuan baru di dunia digital juga dilakukan lebih aktif dan komunikatif. Penempatan dilakukan dengan sistem yang bersifat interaktif dan mampu memicu terjalinnya komunikasi antara produsen ilmu pengetahuan dengan pengguna ilmu pengetahuan. Berbagai ilmu pengetahuan yang dihasilkan oleh Akademi Gizi Surabaya perlu dikelola dengan prinsip-prinsip Knowledge Management (Manajemen Pengetahuan).

Aset pengetahuan mengenai Gizi ini bahkan dapat disebut sebagai kekayaan bangsa Indonesia apabila dapat dikelola dengan baik. Pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi melalui website dan webinar diharapkan dapat membantu peningkatan pemahaman mahasiswa maupun praktisi Gizi serta meningkatkan kualitas materi pembelajaran dengan berbagai praktik baik dari petugas kesehatan di lapangan.

Konsep telekonferensi dan webinar adalah salah satu solusi pada era digital saat ini, dimana orang yang memiliki keterbatasan waktu dan jarak dapat difasilitasi untuk melakukan pertemuan maupun pelatihan secara on line. Pemanfaatan teknologi informasi dan audiovisual dalam telekonferensi memungkinkan manusia untuk mengadakan sebuah seminar atau pelatihan tanpa harus bertatap muka di satu lokasi yang sama. Bahkan webinar dapat dikembangkan sebagai suatu platform diseminasi dan penyebaran informasi berbagai kebijakan gizi ke masyarakat awam maupun kalangan profesional medis sehingga perlu disiapkan sarana dan prasarana pendukung, baik dari sisi SDM, pelatih, staf pendukung serta peralatan dan perlengkapan yang memadai.

Akademi Gizi Surabaya dapat membagi staf dalam dua kelompok besar, yaitu: (1) tim content, selaku penyusun modul-modul e-learning dalam rangka penguatan kapasitas internal, dan (2) tim IT, dengan tugas sebagai operator webinar dan website dalam rangka mendukung aktifitas pelatihan dan pembelajaran. Diharapkan kedua kelompok ini berkolaborasi memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi melalui e-learning dan webinar untuk mendukung peningkatan kinerja di Akademik Gizi Surabaya.

Tujuan

  1. Memahami konsep pembelajaran jarak jauh berbasis website dan blended learning
  2. Memahami konsep tentang sistem telekonferensi
  3. Meningkatkan kemampuan teknis untuk mengikuti dan menyelenggarakan telekonferensi.
  4. Peserta mampu mengidentifikasi kebutuhan penggunaan sistem telekonferensi di institusi Akademi Gizi Surabaya. Termasuk mempersiapkan ruangan khusus sebagai studio telekonferensi.
  5. Peserta mampu untuk mengikuti dan menyelenggarakan seminar, diskusi, pelatihan, atau rapat yang didukung sistem telekonferensi

Tempat, Waktu dan Tanggal Pelaksanaan

Kegiatan ini dilaksanakan pada :

     Hari, Tanggal               : Kamis-Jumat/31 Oktober-1 November 2019

     Tempat                        : Gedung Penelitian dan Pengembangan FK-KMK UGM Yogyakarta

Sasaran Peserta

  1. Staf Bidang Pendidikan
  2. Staf IT